Artis dan Manajer

Craig Schwartz harus menerima tonjokan keras di mukanya, hingga terjerembab ke belakang. Bibirnya pecah, mengeluarkan darah. Pastinya sakit. Pemuda berambut gondrong itu sebenarnya adalah artis yang berbakat. Tangannya sangat cekatan menggerakkan boneka wayang dengan tali. Berkat tangannya, boneka-boneka itu bergerak luwes dan lembut layaknya polah manusia sesungguhnya. Tapi tonjokan menyakitkan di wajah itu dia terima justru sebagai hadiah dari bakat artistiknya.

Apa yang salah?

Menjadi puppeteer (pemain boneka wayang) memang keahlian Craig. Tapi ia tidak memiliki kemampuan dalam hal menjual keahlian artistik itu secara efektif. Malah dengan sembrono ia berpentas di trotoar–sebuah tempat terbuka–untuk menampilkan adegan-adegan dewasa dengan boneka wayangnya. Seorang ayah yang hendak melindungi putrinya takkan membiarkan tontonan dewasa itu dipentaskan di pinggir jalan.

Kesialan yang diterima tokoh bernama Craig Schwartz dalam film Being John Malkovich ini adalah gambaran tentang betapa sulitnya menjalani hidup sebagai seniman yang harus mengusahakan segala yang diperlukan seorang diri; ketika artis harus me-manage keartisannya sendiri, atau pontang-panting menjual keahlian dan karyanya sendiri. Sementara sesungguhnya ada jenis profesi lain di dunia ini yang sanggup menanggung tugas-tugas itu, tapi sang artis tidak mendapat kesempatan bekerja sama.

Profesi lain ini kita kenal dengan istilah manajer. Manajer memiliki kemampuan untuk merubah sesuatu menjadi bernilai komersial. Sehingga keahlian atau karya seorang seniman ketika digarap oleh manajer akan berbuah baik; karya seni itu akan tiba di depan audien yang tepat, dan senimannya akan memperolah imbalan finansial yang setara dengan nilai karyanya untuk melanjutkan hidup berkeseniannya. Bersama manajer yang terpercaya, seniman dapat memfokuskan diri pada bidangnya saja; bidang keartisan itu, yaitu merubah sesuatu menjadi bernilai keindahan.

Artis dan manajer adalah pasangan yang sempurna; dua tipe pekerjaan yang saling melengkapi. Kunci keberhasilannya adalah integritas, seniman berkarya sepenuh hati, dan manajer tidak mengingkari tanggung jawab dan kepercayaan.

***

Pada salah satu adegan di awal film, Craig berbicara pada seekor Simpanse–sebenarnya lebih pada dirinya sendiri, “Kau makhluk beruntung karena tak mempunyai kesadaran. Kesadaran itu adalah kutukan terburuk bagi manusia. Berkat kesadaran aku jadi berpikir, merasakan dan akhirnya menderita.” Penderitaan Craig dalam konteks sebagai seniman menurut saya adalah ketika tak ada manajer terpercaya di sandingnya.

Dengan tiadanya manajer itu, seniman harus menyangga semua fungsi atau tugas pada pundaknya sendiri, hal mana adalah ciri-ciri sistem kerja primitif. Emile Durkheim (1858 – 1917), sosiolog Prancis yang menggelorakan modernisasi, mengisyaratkan pembagian tugas untuk dunia yang lebih maju. Kehidupan modern tidak ditandai dengan kerja keroyokan, atau sebaliknya, seorang individu yang dikeroyok oleh banyak jenis pekerjaan. Pembagian tugas atau division of labor in society menjadi semakin tak terelakkan ketika populasi manusia sudah semakin membludak seperti sekarang ini. Masalah pengangguran yang kemudian muncul bisa diatasi dengan pendelegasian tugas–tentu pada mereka yang memang sudah membekali diri dengan kapabilitas dan integritas.

Dunia lukis tak jauh berbeda. Jika pelukis dapat memodernkan sistem kerjanya, yaitu berbagi tugas dengan orang terpercaya untuk urusan di luar lukisan, maka pelukis dapat berfokus dalam upaya meningkatkan kualitas lukisan, mengeksplorasi lebih jauh kemampuan artistiknya, dan memberikan kontribusi lebih besar bagi perkembangan dunia lukis itu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s