Sang Violist

Tidak pernah mau disebut sebagai Maestro, tapi siapa yang bisa menahan diri dari menyebutnya Maestro. Dia memang Maestro.

The Violist Pointilism on paper by Sabar S.

The Violist
Pointilism on paper
by Sabar S.

Dalam acara Satu Jam Lebih Dekat bersama Idris Sardi, di sebuah stasiun tv swasta lebih dari satu tahun silam, ada satu obrolan melekat di benak saya. Mas Idris, begitu beliau ingin dipanggil, bercerita tentang bagaimana gurunya–yang adalah ayahnya sendiri–mengajarkan keterampilan biola, dengan menekankan satu prinsip, “Jangan mendzolimi orang lain (dengan karya).”  Mendzolimi/menganiaya orang lain di sini bukanlah tindakan yang disengaja, berniat menyakiti; namun sekedar bermain biola dengan suara sumbang dan mengakibatkan pendengarnya merasa tidak nyaman.

Berkarya asal-asalan dalam pandangan sang ayah dapat kita rekonstruksi sebagai tindak kejahatan. Hukumannya tidak perlu menunggu sistem peradilan yang bertele-tele, namun reaksi spontan dari penikmat yang memutuskan untuk tidak mau lagi menikmati hasil pekerjaan itu. Penonton kecewa, lalu bubar. Ini adalah hukuman yang sangat berat.

Karya yang mengecewakan terlahir dari pekerja yang memberikan toleransi amat besar pada diri sendiri, tidak pada orang-orang yang diharap akan menikmati karya itu. Sebaliknya, almarhum Idris Sardi dididik ayahnya untuk bersikap kejam pada diri sendiri, tidak buru-buru menuntut kredit dari pekerjaan yang belum layak. Namun ternyata, kredit yang akhirnya sudah pantas ia dapatkan itu pun tetap saja ditolaknya. Ia tidak pernah mau disebut Maestro.

Sementara berapa kali kita ingin disemati julukan ini dan itu, sebelum kita benar-benar berbuat?

Kita patut bercermin dari sang violist meski hanya lewat ingatan masa lalu, karena ia sudah tidak ada bersama kita.

Memperingati tujuh hari meninggalnya Idris Sardi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s