Bangkit

Melepas yang Lalu (2012)

Melepas yang Lalu (2012)
by Sabar S.

Kebangkitan mengisyaratkan adanya oposisi biner; dua situasi berseberangan yang dipisah oleh momen titik balik. Situasi yang didominasi oleh keterpurukan dan penderitaan mengawali yang sebaliknya. Momen perubahan–yang disebut sebagai kebangkitan–menempati garis batas antara dua situasi itu, di mana proses di dalamnya bisa jadi menyakitkan.

Perubahan bermula dari kesadaran, bahwa situasi yang selama ini dialami sudah tidak layak lagi diteruskan. Kesadaran ini terjadi ketika kita mau mengambil jarak dari laku sehari-hari, tidak selalu melekat pada pengalaman. Lewat jarak itu, kita seperti memasang cermin besar di depan kehidupan kita sendiri, sehingga kita bisa menjadi pengamat dan penilai. Lalu akan tampak, pada bagian manakah dari hidup kita yang sesungguhnya sudah perlu diganti.

Tanpa mengambil jarak dari keseharian, kita masih akan terus menganggap bahwa hidup yang bermasalah seperti baik-baik saja. Seekor babi hutan selalu sejurus ketika berlari. Hanya lobang di depan yang akan mengakhiri lajunya. Tapi juga sekaligus hidupnya.

Menemukan ketidaklayakan itu, kita lalu akan menetapkan satu kondisi berseberangan; suatu kondisi yang lebih baik. Ke sanalah jangkar kita lemparkan, dan kapal kehidupan perlahan mencapainya meski masih harus menembus badai yang menggunungkan ombak. Gerak menuju pencapaian ini, bisa jadi terasa jauh lebih menyakitkan ketimbang situasi sebelumnya. Ada pembelajaran untuk dilakukan, ada usaha untuk dituntaskan, dan ada penentangan untuk diabaikan.

Di sinilah kebangkitan adanya. Pada pedih, letih, dan terseok-seok itu. Banyak orang enggan merasakannya, maka jerat keterpurukan akan semakin erat dalam mencengkeram.

***

Ulat rakus adalah hidup yang tidak layak dijalani. Sebelum menjelma kupu-kupu indah penghias dunia, pertapaan yang penat dan jenuh dalam kepompong adalah satu-satunya jalan pengantar.

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s