Sendiri Daun Ilalang

daun ilalang

Di tengah pacu hidup, memaksa diri mencari secuil perhatian di antara mata yang sudah enggan saling memandang, manusia lupa, ada selembar daun ilalang di ketinggian sana yang tak henti bergembira, bahkan ketika kabut menyandera kawan-kawannya. Daun runcing ini tahu, ia tetap selalu bersama di kedalamannya. Karena itu tak ada cemas padanya akan rasa kesepian. Sendiri adalah penggalan dari alur waktu yang mesti dijalani. Sendiri bukan sepi, tapi sunyi, langkah awal menuju sunyata.

Seandainya manusia bisa mendengar bisik bahagia daun ilalang ketika merunduk dibelai angin lembah, mungkin ia sedang berkata, “Kasihan manusia itu, mereka suka menyiksa diri dengan mimpi-mimpi, yang membuat mata mereka lamur dari segala yang sudah ada dan tersaji. Padahal mereka sudah memiliki lebih banyak dari apa pun; apa lagi dari selembar daun yang tak bisa beranjak! Bukankah bahagia sudah bisa mereka rasakan sekarang juga? Tapi mereka memilih menunda dengan syarat-syarat tak terhingga dan waktu yang lama.”

Bukan manusia namanya, kalau bisa menangkap kegembiraan tarian daun ilalang. Manusia kebanyakan itu adalah yang pekak dari kebisuan, yang maunya tetap melihat bayangan semu di pelupuk mata terpejam, yang tidak beristirahat ketika tidur, dan tak juga jaga ketika mata terbuka. Apa yang masuk ke rongga mata selalu bercampur dengan yang dihasrati. Itulah yang dianggap manusia lumrah di jaman ini.

Akhirnya daun ilalang pula yang disalahkan, kenapa sampai tumbuh tanpa kehendak manusia. Adanya tak pernah diharapkan, binasanya dianggap tertib dan kebersihan. Bisik bahagia ilalang tak sempat menerobos ke lobang telinga manusia, sebab ia keburu dibabat musnah. Itu pun membuktikan kebenaran bisikannya tadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s