Tak Akan Pensiun

SAM_2347

Seniman tak akan pernah pensiun. Kerja adalah hidupnya. Karya adalah penanda eksistensinya.

Saya masih ingat gambaran yang saya lihat di layar televisi seperempat abad silam, di mana seorang maestro lukis sedang menjelang hari-hari akhirnya. Ia–terbaring lemah di kasur–tampak menggerak-gerakkan tangannya di udara seolah masih terus melahirkan karya-karya masterpiece. Ia seperti hendak menyampaikan pesan pada dunia bahwa ia tak mau dipisahkan dari proses berkarya. Ia adalah Affandi.

Saya masih sangat muda waktu itu, bahkan masih anak-anak umur 11 tahun. Saya tidak bisa membayangkan masa tua saya kelak bakal seperti apa, dan apakah pelukis harus seperti itu.

Yang kini saya mengerti adalah setiap individu memiliki kisah hidupnya sendiri-sendiri. Tapi setiap seniman yang mempunyai devosi dan dedikasi pada dunianya akan bertekad untuk tetap berkarya, hingga raga sudah tak menyandang nyawa.

Dengan demikian, bagi seniman, kata pensiun tak akan pernah menjadi kata kerja dengan subjeknya diri sendiri. Status pensiun tak akan menempati ruang-ruang perencanaan. Seniman justru akan hadir untuk melayani para pensiunan dari profesi lain yang memiliki kebutuhan rasa estetis. Ketika jarak-jarak ruang sudah tak bisa ditempuhi, pikir dan rasa bisa diajak mengembara lewat rupa.

Namun tak bisa dipungkiri, bisa jadi sebelum hidup berakhir tubuh sudah menjumpai lemahnya. Mata rabun, tangan gemetaran, atau bahkan lumpuh, kerap saya saksikan pada seniman lain. Saya juga manusia yang bahkan sejak awal hadir dalam kehidupan ini sudah dengan tubuh yang lemah. Saya mengantisipasi kondisi terburuk itu dengan mempelajari teknik-teknik lukis sederhana. Kelak dalam sisa-sisa waktu dan energi itu, hidup tetap tak boleh sia-sia dengan berongkang kaki. Karya akan tetap tercipta meski dengan selisih rupa dari biasanya.

Tapi selagi masih bersama kekuatan, teknik detil yang sulit itu akan terus saya kerjakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s