Berpulang Orang Hebat


Gajah mati meninggalkan gading … ~kata pepatah.

“I am always amazed with your art works. I wonder how you’ve made the branches of the trees, so detail,” kata saya pada satu kesempatan di Singapura.

Sebelumnya, waktu itu saya sedang sibuk dengan kuas pada kanvas, melukis model boneka yang disiapkan oleh tutor workshop. Bersama di dalam ruang Gemini di hotel Marina Mandarin itu ada sekitar selusin pelukis tanpa tangan angggota AMFPA lainnya–dari Indonesia dan Filipina–yang juga sibuk melukis.

Lalu seorang pria berkursi roda elektrik, yang jelas tidak berwajah Asia, menghampiri posisi saya, menengok isi kanvas yang saya garap. Saya pun menurunkan kuas agar bisa menyapa dan berkenalan dengan pria itu. Setelah ia menyebutkan nama, betapa terkejutnya saya. Terkejut karena memiliki kesempatan untuk bertemu dengan pelukis naturalis-realis tanpa tangan–yang menggunakan mulut–yang reputasinya sudah menancap kuat di hati saya.

Ia adalah Trevor C. Wells, dari Inggris, seniman dan anggota pengurus AMFPA Internasional.

Saya sudah lama mengagumi gambar dalam kartu-kartu hasil reproduksi lukisannya, yang selalu tampak cantik dengan ranting-ranting pohon yang dibikin dengan sangat detil. Pantulan objek di atas permukaan air juga begitu hidup. Saya pikir pelukisnya pastilah satu dari seribu orang.

Maka dalam pertemuan yang tak terduga itu, tak perlu ditahan-tahan lagi, saya segera mengungkapkan kekaguman saya pada pelukisnya langsung.

Namun ternyata reputasi sebesar itu ia sikapi dengan rendah hati. Apresiasi saya dijawab dengan humble, “I made the branches of the trees because I cannot paint human.”

Saya kira Mr. Wells pasti bisa melukis orang juga.

Kini saya terkejut lagi. Ia meninggal pada September tahun ini. Setiap kematian orang hebat adalah kerugian bagi penghuni planet ini, sebab tak akan lagi dihiasi oleh karya-karya indahnya.

Selamat berpulang Mr. Wells, semoga jiwamu berbahagia, dan karya-karyamu pasti abadi di hati penikmatnya.


4 comments

      1. i was inspired by your work also and I am confident you inspire many people.
        As the wheel of life rotates the cycle eventually stops momentarily to allow us to move onto another sphere somewhere in the universe. With every loss there is a replacement with a cry from a new born.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s