Apa Seni Itu

Tulisan berikut adalah hasil perenungan saya berdasar pengalaman di bidang seni lukis dan pengamatan sekilas terhadap praktek kesenian di sekitar saya. Saya tidak bermaksud menciptakan klaim definitif yang mutlak benar, tapi sekedar berbagi wacana kepada pembaca. Siapa pun boleh sependapat ataupun menolak.

Apakah seni itu, menurut saya? Manusia berproses, itulah seni. Definisi ini mengandung dua unsur. Pertama, manusia. Penegasan unsur manusia adalah untuk membedakannya dari unsur alam lain. Setiap hari saya merasa takjub dengan indahnya punggung gunung Merbabu yang tampak menjulang di luar jendela. Tapi gunung Merbabu tidak diciptakan oleh manusia. Dia bukan seni.

Unsur kedua adalah proses. Proses mengindikasikan adanya gerak dan perubahan, yang kemudian ada hasil akhir. Tapi ketimbang hasil akhirnya, proses adalah inti dari seni. Dan proses ini tidak terbatas pada hal-hal yang dirasa indah saja, sebagaimana awam cenderung mengartikannya demikian. Seni kontemporer banyak tampil dalam wujud buruk rupa. Tidak mengagetkan pula adanya frase ‘seni perang’. Perang di mana pun membawa kesengsaraan. Tapi perang disebut-sebut memiliki seninya. Yang dimaksud adalah seni sebagai strategi, teknik, taktik, dan metode. Singkatnya, seni itu proses.

Berdasar definisi ini, kita bisa menakar tinggi rendahnya nilai sebuah hasil karya seni. Yaitu dengan mengukur seberapa banyak campur tangan manusia sepanjang prosesnya, dibanding faktor non manusiawi yang turut dilibatkan.

Mengapa lukisan dinilai lebih mahal dibanding fotografi, meski keduanya sama-sama seni rupa dua dimensi? Fotografi itu seni, karena untuk menghasilkannya telah ada seseorang yang bersusah payah di belakang kamera. Tapi dibanding lukisan, kadar manusiawinya lebih banyak lukisan dalam proses penciptaannya. Sedang fotografi sangat didominasi oleh kekuatan teknologi. Karena itu tidak mengherankan jika seni lukis selalu dihargai jauh lebih mahal dibanding seni fotografi.

Bagaimana dengan benda-benda alam yang diolah manusia? Suiseki dan batu mulia adalah karya seni karena manusia telah melakukan pengolahan atas bebatuan yang dipungut dari alam. Tapi sebongkah batu belaka di ujung pematang sawah bukanlah karya seni. Apakah bonsai juga termasuk seni? Meski sebatang pohon tumbuhnya oleh kekuatan alam, tapi ketika manusia sudah ikut campur dalam mengarahkan bentuk pertumbuhannya, itu menjadi seni.

***

Bicara tentang hasilnya, karya seni ada yang melekat pada senimannya, ada yang terpisah. Seni peran dan pertunjukan adalah seni di mana pelakunya akan terus terbawa ke dalam hasil keseniannya. Kita tidak bisa menyaksikan seni tari tanpa melihat adanya manusia yang bergerak di sana. Lantunan lagu tak mungkin terdengar tanpa ada suara manusia yang menyanyikannya. Bahkan tak jarang sosok penyanyi itu tampak utuh di atas panggung atau dalam rekaman video, sehingga dapat langsung dikenali oleh publik penikmat.

Sedang seni rupa hasilnya terpisah dari pembuatnya. Sebuah lukisan di ruang pameran atau galeri tidak serta-merta menyertakan sosok senimannya. Kehadiran sang seniman (perupa) biasanya diupayakan lewat signature atau goresan nama di satu sudut karya itu. Tapi itu tidak menjamin langsung dikenalnya si perupa oleh publik tanpa adanya pewartaan di media lain yang mendukung.

Dengan fakta ini, adalah menjadi tantangan bagi pelaku seni rupa untuk berjuang lebih keras guna menghadirkan diri ke tengah publik. Kehadiran sosok seniman di samping karyanya bukan semata-mata soal popularitas atau ketenaran. Ini adalah untuk memberi bobot tambahan pada karya itu. Sudah menjadi standar berpikir manusia untuk mencari-cari sebab dari suatu yang ada. Maka ketika ditemukan suatu keindahan artistik, pasti akan muncul pertanyaan tentang sosok di balik keindahan itu. Tanpa ditemukannya sosok itu, keindahan tetap saja keindahan, tapi menyisakan pertanyaan. Dan umumnya manusia merasa resah di dalam tanya yang tak terjawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s