Hadir di Ulang Tahun AMFPA ke-60 di Barcelona

Perjalanan ke luar negeri kali ini tidak seperti sebelumnya. Ini adalah tantangan. Ibu saya, yang saya daftarkan sebagai pendamping pada Agustus 2016, mengalami kecelakaan tepat dua pekan sebelum keberangkatan. Ia mengalami cidera patah di pergelangan kaki. Pendamping pengganti sudah tidak mungkin diupayakan, mengingat prosedur yang rumit dan panjang.

Saya bisa saja memutuskan untuk absen dari acara konferensi AMFPA Internasional ini, dan sekaligus melewatkan perayaannya yang ke-60 di Barcelona. Tapi saya bertekad tetap berangkat bersama Ibu, yang saya yakin kondisinya cukup baik setelah menjalani operasi. Ia akan duduk di kursi roda sepanjang kegiatan.

Sebelum perjalanan itu dimulai, pikiran ini tak sanggup merangkai gambaran bakal seperti apa jadinya ketika dua orang disable bepergian bersama sejauh belasan ribu kilometer, menyeberangi samudera melalui angkasa. Hanya keyakinan bahwa semua bakal baik-baik saja yang menjadi bekal keberangkatan itu.

Dan ternyata, semua memang baik-baik saja. Perayaan ulang tahun AMFPA Internasional ke-60 itu saya hadiri dengan kegembiraan, bertemu kawan seniman dari berbagai negara, mengikuti seremoni pembukaan pameran bersama di Museum Maritim, dan mengunjungi tempat-tempat eksotis di kota pantai yang dingin itu.

Barcelona adalah kota yang sudah terbangun dengan sangat baik. Pengguna kursi roda tak banyak menemui kesulitan untuk menyusuri jalan-jalannya. Bahkan, medan yang bersahabat itu sering digunakan oleh warga setempat untuk bermain skate-board atau sepeda. Mereka tampak tidak risau oleh terik matahari yang menyorot begitu terangnya, sebab itu masih tak membendung suhu dingin yang dihantar oleh angin.

Saya bersyukur, di kota indah ini saya bisa untuk satu kali lagi menyenangkan hati Ibu, terlepas dari kondisinya yang berat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s