Didi Kempot

Dari lagu-lagu Didi Kempot saya sempat mengerti–secara satire–bahwa asmara itu berbanding lurus dengan derita; setidaknya itu yang saya rasakan selama hidup melajang dan dalam pencarian. Asmara selalu berurusan dengan perpisahan dan kekecewaan, sehingga melodi-melodinya disusun sendu mendayu. Lagu-lagu ini mungkin hasil sublimasi, tapi bukan mesti dari pencipta dan penyanyinya sendiri. Setidaknya sublimasi dari tekanan jiwa kolektif; semua orang memilikinya.

Oleh karena itu lagu-lagu Didi Kempot yang berkarakter etnik itu menjadi populer, yang artinya sangat berterima dengan khalayak ramai, khususnya masyarakat Jawa. Konser amalnya lewat media online yang sukses menggalang dana besar dan rencana konser di GBK November nanti menunjukkan bahwa lagu-lagunya sudah menembus batas etnisitas. Masyarakat penutur bahasa selain Jawa bisa turut menikmati.

Dengan demikian Didi Kempot secara tidak langsung membuktikan bahwa ada struktur pusat dalam kebudayaan yang dari sana terhubunglah penanda-penanda yang beragam dan individual itu. Seperti digambarkan oleh Carl G. Jung dengan pulau-pulau yang seolah terpisah oleh air laut namun sebenarnya menyatu di kedalamannya.

~o()o~

Rencana konser di ibu kota itu tak pernah terwujud. Didi harus berpulang lebih cepat dari rencananya. Seniman selalu lebih nyaring dalam karya justru setelah kematiannya. Mungkin ini yang terbaik bagi alur hidup sang legenda; meninggal pada saat-saat ia dicinta sedemikian besarnya.

Dan ijinkan saya sedikit mengekspresikan rasa kehilangan ini dengan melukis potret Almarhum, untuk menyatakan bahwa ada yang abadi darinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s