Coretan Pikiranku dalam Pandemi #8 Deus Ex Machina(?)

Aristoteles mewanti-wanti para sastrawan di jamannya agar tertib dalam menyusun alur drama tragedi. Setiap peristiwa haruslah mengarah pada peristriwa lain, termasuk peristiwa yang memungkasi cerita. Tidak boleh ada yang kebetulan untuk dijadikan pemecahan masalah, tidak boleh ada tokoh yang tiba-tiba dimunculkan dari antah berantah sebagai dewa penolong.

Begitulah drama dan fiksi diharapkan pada umumnya. Tidak boleh tidak masuk akal untuk memukau penonton.

Tapi kehidupan sering kali justru stranger than fiction. Hidup ini banyak yang tidak beralur. Keseharian kita layakkah dipentaskan di panggung drama? Ah, rasanya biasa-biasa saja. Tapi tiba-tiba ada tragedi yang sangat mencekam, yang kita benar-benar tidak memiliki kekuatan apa pun untuk berbuat sesuatu–sebagai bagian dari alur yang logis–untuk menuju pemecahan masalah.

Tragedi hidup nyata justru butuh dewa penolong dari antah berantah. Di panggung tragedi Yunani Kuno–yang bagi Aristoteles menyebalkan–adalah dewa penolong, yang disebut Deus ex Machina, yang dikerek dari atas panggung untuk membopong tokoh baik yang terdesak di ujung cerita. Pandemi ini bagi saya, dan mungkin termasuk pembaca pada umumnya, adalah tragedi hidup yang peristiwa dan alurnya di luar pengetahuan dan kekuatan kita. Kita tidak mengerti ilmu virologi. mikro-biologi, dan epidemiologi. Dan kita sudah digiring hingga ke dalam klimaks, tapi ketika menoleh ke adegan-adegan yang mendahului, tidak kita temukan tanda-tanda menuju penguraian masalah

Maka yang bisa kita lakukan hanyalah menunggu sambil mengerjakan apa saja yang mungkin bisa dikerjakan. Melampaui itu, bahaya sudah menghadang. Hari ini di kota kecil ini sudah ada 21 orang yang terinveksi; angka yang mengejutkan setelah cukup lama bertahan di angka 13. Sedang di seluruh negeri, grafiknya sangat tidak menggembirakan.

Deus ex Machina itu, yang akan membopong kita dari pandemi ini, entah bagaimana, dari mana dan kapan datangnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s