Coretan Pikiranku dalam Pandemi #10 Anak-Anak

Rasa iba saya sungguh besar bagi anak-anak yang sedang tumbuh di hari ini. Mereka belum lama hadir dan merasai hidup di dunia. Namun tiba-tiba mereka harus mendapati dunia ini, planet ini, adalah ruang yang tidak bersahabat untuk dihuni.

Direktur Eksekutif WHO Dr. Michael Ryan sudah menyampaikan sinyal bahwa virus Corona mungkin tidak akan bisa dibinasakan dari bumi. Sebelumnya memang banyak virus yang bertahan di planet ini dan terus menghinggapi beberapa orang, seperti yang mengakibatkan penyakit campak, polio, dll. Namun dampaknya pada kehidupan sosial tak seperti virus corona, yang menceraikan satu individu dengan lainnya.

Disinggung pula oleh Dr. Ryan tentang a new normal, yang saya tafsirkan bahwa manusia di seluruh dunia harus membentuk suatu cara hidup baru di tataran sosial, ekonomi dan budaya. Ini berarti mengindikasikan diskontinuitas atas segala cara, ilmu, dan teori yang sebelumnya cukup lama dihayati hingga tataran praksis.

Anak-anak mungkin masih bisa menerima kebaruan, sebab ingatan mereka akan masa lalu belum terlalu banyak, sehingga tak banyak pula kemelakatan akan kemapanan. Mereka masih mencari. Tapi apa yang hendak dicari dalam kecemasan? Mereka sudah membangun impian tentang masa depan, sebab para orang tua selalu mengajarkan begitu; tentang cita-cita. Kini baik mereka maupun orang tuanya sama-sama tidak mengerti jalan mana untuk mencapai cita-cita itu.

Virus corona kadung menyebar dan irreversible, tak bisa dikembalikan ke kondisi semula. Sebagaimana anak-anak kadung terlahir dan tumbuh sehingga tak mungkin dikembalikan ke dalam rahim. Maka adalah tanggung jawab kita meyakinkan mereka bahwa hidup ini layak mereka lanjutkan. Bahwa spesies manusia akan lestari lewat kesediaan mereka menghuni planet indah ini.

Meski dalam batin mungkin ada suara lain, bungkam rapat dari pendengaran mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s