Coretan Pikiranku dalam Pandemi #12 Ayo Makan Sayur

Satu tahun lamanya saya tidak mengkonsumsi nasi, kecuali hanya sayur dan sedikit daging. Itu saya mulai bulan April tahun lalu, sampai Maret tahun ini. Berat badan yang membebani hidup berhasil saya kurangi sebanyak tujuh kilogram. Kenyataan bahwa saya masih hidup cukup mencengangkan, dan ternyata lebih dari itu, selama satu tahun itu produktifitas dan volume kegiatan saya cukup tinggi.

Karena nasi tidak ikut mengisi piring yang tersaji, maka porsi sayur itu harus ditambah, demikian cara diet saya waktu itu. Seandainya teman-teman pembaca yang memiliki masalah timbunan lemak mencoba cara ini, saya kira bisa mendapatkan solusinya. Kita tidak akan kekurangan energi tanpa nasi, sebab masih ada lemak di tubuh untuk diolah oleh vitamin.

Lebih dari keuntungan pribadi itu, kita akan turut membantu para petani dan pedagang sayur untuk memperoleh kesejahteraannya. Di masa pandemi ini, harga sayuran di berbagai daerah merosot, dan sedikitnya dua video viral saya saksikan menggambarkan pedagang sayur yang membuang dan membagikan sayurannya. Di pasar pagi kota pun tampak pedagang sayur membawa pulang dagangannya dalam jumlah yang masih banyak. Padahal kita bisa hidup cukup dengan sayur itu, tanpa produk makanan olahan.

Bila kita peduli pada banyak hal, di masa krisis ini kita perlu membuat prioritas dalam anggaran belanja. Kita utamakan dulu belanja produk bahan makanan pokok, terutama sayuran yang diproduksi oleh saudara-saudara kita di desa. Sebab merekalah nanti yang akan membeli produk-produk olahan yang dibuat oleh orang kota. Siapa yang akan membeli baju dan sepatu yang kita tawarkan kalau petani dan pedagang tradisional yang jumlahnya banyak itu tidak memiliki sisa tabungan?

Wabah ini mengajari kita cara bertahan hidup dengan menjaga dan mendukung kehidupan liyan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s