Coretan Pikiranku dalam Pandemi #13 Bawang Merah

Harga bawang merah merangkak naik di pasar tradisional. Satu hari yang lalu, per kilogramnya meminta 56 ribu rupiah untuk pertukarannya. Saya sempat merasa bersyukur, sekiranya selisih harga itu benar-benar tiba di kantong petani. Mereka berhak sejahtera juga.

Bawang merah tiba-tiba menjadi objek wajib di keseharian saya. Musim penghujan yang belum usai, dan sedang memasuki peralihan, biasanya mendorong manusia ke dalam penyakit rutin: influenza. Tapi di masa pandemi covid-19, saya melarang diri sendiri dan keluarga untuk sakit.

Flu biasa bisa saja diperlakukan berlebihan di masa ini, suhu badan di atas 37 derajat sudah diprasangkai, ini semua sebab kecemasan suda menguasai publik. Dan upaya pengobatan ke pelayanan medis juga beresiko berinteraksi dengan pembawa virus corona. Maka pencegahan segala penyakit adalah protokol dasar yang saya tetapkan sendiri sejak di dalam rumah.

Bawang merah berperan dalam hal ini. Ketika rasa gatal mulai terasa di pangkal rongga mulut dan tenggorokan, satu butir bawang merah segera saya kunyak-kunyah dengan bibir tertutup rapat. Aromanya yang menyengat itu saya tuntun untuk menerobosi ronga hidung dengan hembusan nafas, dan ke dalam paru-paru dengan tarikan nafas. Satu butir saja, rasa gatal itu sirna.

Cara ini saya temukan baru saja, lewat dorongan instingtif. Gejala gatal itu membuat saya ingin menggaruk ke dalam saluran nafas. Harus ada sesuatu yang dimasukkan ke sana. Dan entah dari mana, yang terpikir adalah bawang merah. Hingga saat ini, saya belum disapa pilek yang rutin itu.

Mungkin pembaca bisa turut mencobanya, tapi tetap dengan memperhatikan kondisi tubuh masing-masing terutama dalam kesehatan saluran pencernaan.

Selamat mencoba, sambil mencegah penyakit kita membantu perekonomian petani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s