Coretan Pikiranku dalam Pandemi #15 Tak Ada yang Mustahil?

Sejarah pemikiran manusia sudah lama tiba pada pragmatisme, setelah ribuan tahun lamanya berkembang dari teosentrisme hingga phonosentrisme. Dalam pragmatisme, orang mengembangkan teori untuk memperoleh keuntungan secepatnya, semudahnya, dan sebanyak-banyaknya. Retorika dibangun semerdu mungkin untuk mempengaruhi pikiran orang agar bergerak begitu saja tanpa berhenti sejenak untuk melakukan oto-kritik.

Satu retorika yang diintrodusir ke tengah publik dan dicaplok dengan lahap berbunyi ‘tak ada yang mustahil’. Dengan ini orang kemudian melayani hasrat-hasratnya tanpa sempat berpikir untuk membongkar klausa tersebut secara semantik. Asal rasa dangkal sudah tersentuh, terpukau, maka dianggap benarlah itu dan tak perlu digagas ulang.

Mari kita mulai mempertanyakan dan menjawab.

“Tak ada yang mustahil’ di dalamnya mengandung paradoks yang menyangkal dirinya sendiri. Klausa tersebut bisa diubah ke dalam bentuk positif menjadi ‘segalanya mungkin’. Segalanya, jika kita mau jujur, berarti meliputi ketidakmungkinan. Maka hadirnya yang tidak mungkin itu pun mungkin di dalam alur hidup setiap orang. Tak ada yang mustahil berarti kemustahilan itu sendiri tidak mustahil adanya. Mustahil itu pun mungkin.

Dengan demikian kita dihadapkan pada perhitungan probabilitas yang variabelnya tidak jelas. Tapi bisa saja antara mungkin dan tidak mungkin itu punya nilai rasio 50-50. Bukankah segalanya mungkin?

~o()o~

Pandemi ini adalah kesempatan bagi siapa pun yang menggenggam kuat prinsip tersebut untuk mewujudkannya secara aktual. Mungkin semangat ‘tak ada yang mustahil’ bisa didemonstrasikan dengan melakukan penelitian mandiri untuk penciptaan vaksin corona, terlepas dari latar belakang keilmuan dan profesi yang dijalani.

Bukankah tak ada yang muistahil? Monggo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s