Coretan Pikiranku dalam Pandemi #19 Pekerja Seni

Secara teknis praktek berkesenian adalah produksi tanda, yaitu menciptakan wujud-wujud empiris yang membedakan diri dari liyan. Itulah mengapa 12 tube warna bisa menghasilkan jutaan lukisan, atau tujuh nada sanggup menghasilkan jutaan lagu, yang masing-masing berbeda.

Dalam semiotika, atau ilmu tanda, disebutkan bahwa suatu tanda memperoleh nilainya sebab bisa dibedakan dari sesama tanda lainnya. Kata bang memiliki maknanya sendiri dari kata bank, sebab ada satu morfem yang berbeda di antara keduanya. Demikian pula kesenian. Setiap seniman akan berjuang untuk membangun keunikannya masing-masing. Berkesenian adalah membangun identitas.

Tapi bagaimana jika identitas mendasar dari seniman–dan semua orang–malah ditutupi oleh masker?

Persoalan ini bisa dijawab dengan menitikberatkan perhatian pada karya. Identitas seniman ada pada karya yang dihasilkannya, bukan semata pada wajah yang diterima dari Tuhan sejak lahir. Tugas seniman adalah menciptakan, bukan sekedar menunjukkan apa yang sudah ada pada diri. Seni adalah bagaimana manusia melakukan pengolahan.

Tapi, pernahkah ada karya seni yang dirayakan pecintanya tanpa identitas sang seniman? Nama-nama seniman dengan semua foto dan biografinya adalah satu paket yang tak terpisahkan. Identitas seniman adalah narasi tersendiri yang memberi alasan mengapa karyanya patut dirayakan. Bunuhlah pelukis dari lukisannya, sebagaimana pos-modernisme membunuh para penulis dari karya tulis, maka lukisan akan menjadi hambar.

Pandemi yang menyembunyikan identitas ini menelan korban paling banyak dari kalangan seniman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s